Selasa, 21 Februari 2012

PERATURAN DAN MEKANISME LOMBA EDC 2012


1.     Diadakan Technical Meeting sebelum berlangsungnya semua rangkaian kegiatan EDC 2012 pada H-1
  yaitu pada tanggal 22 mei 2012 sebelum dimulainya serangkaian acara EDC 2012.

2.     Setiap tim harus mempelajari semua tema yang akan diperdebatkan saat lomba. Tema yang akan
  dijadikan   bahan debat adalah sebagai berikut:
  1.  Peran Internet Sebagai Penunjang Pembangunan Ekonomi Indonesia.
  2.  Efektivitas Kebijakan Moneter dalam Meningkatkan Kebutuhan Indonesia.
  3.  Peran Akuntan Terhadap Praktek Money Laundry.
  4.  Coorporate Social Responsibility : Pemberdayaan Ekonomi Lokal.
  5.  Pemanfaatan Penghasilan Asli Daerah (PAD) Secara Fungsional dalam Menunjang Perekonomian Indonesia.
  6.  Best Practice untuk Menyatukan Bank Konvensional dan Bank Syariah : Risk Sharing.
  7.  Pengaruh Adanya Produk Pangan Impor Terhadap Pasar Indonesia.
3.     Total peserta adalah 32 tim. Jika peserta telah memenuhi quota, maka pendaftaran akan ditutup
  meskipun  penutupan dilakukan sebelum tanggal tutup pendaftaran.

  4.   Ketentuan pakaian peserta laki-laki dan perempuan :
        ·   Hari pertama (seminar) , hari ke-2 (babak penyisihan), hari ke-3 (grand final) : Kemeja, almamater,
         jeans, sepatu.
      ·   Gala dinner : Batik formal

5.   Peserta debat diperbolehkan membawa sumber bacaan atau sumber materi ke dalam ruangan, kecuali  mempergunakan handphone, laptop, i-pad, atau alat elektronik lain.

6.  Tim yang tidak hadir pada saat tim dipanggil untuk bertanding, dianggap mengundurkan diri atau      DIDISKUALIFIKASI.

7.  Aturan perlombaan :
·   Konsep debat yang digunakan antar tim adalah pro dan pro terhadap tema. Maka tim akan memperdebatkan keunggulan dari masing-masing statement , ide, dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan.

·   Debat ini menggunakan sistem PERINGKAT dimana juara yang menang dalam sebuah perlombaan akan maju ke babak selanjutnya dan bertemu dengan juara lain.

       ·   Tema debat yang diperlombakan adalah tema-tema yang telah ditentukan oleh panitia.

·   Sejak babak penyisihan pertama hingga final, panitia akan menggunakan satu tema yang berbeda di tiap tahap dengan tema yang sudah ditetapkan sebagai bahan debat.

·   Jadwal perlombaan dan tim lawan ditentukan dari hasil pengundian yang akan dilakukan sebelum  berlangsungnya debat.

·   Panitia berhak mengadakan pertukaran lawan, tempat, posisi dari hasil pengundian dengan alasan  tertentu dan berhak pula untuk tidak mengadakan pertukaran lawan, tempat, dan posisi yang merupakan hasil dari pengundian secara random.

·   Tema debat yang akan digunakan antar tim akan diberitahukan 15 menit di dalam  ruang debat    sebelum perlombaan.

·   Durasi satu perlombaan adalah 30 menit.

·   Debat ini akan dipandu oleh moderator.

·   Peserta diwajibkan memakai Bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD, baku, bukan bahasa gaul.

·   Bahan penilaian juri meliputi : Penguasaan masalah/tema, Logika pendapat yang dikemukakan dalam mendebat, dan  Penampilan, meliputi Intonasi dan gaya bicara.

·   Apabila jumlah peserta memenuhi jumlah maksimal peserta, maka perlombaan debat akan dilaksanakan selama 2 hari.

Ø        Hari pertama :
1.                                                         Babak penyisihan 1 yang terdiri atas 16 perlombaan,
2.                                                         Babak penyisihan 2 yang terdiri atas 8 perlombaan, dan
3.                                                         Babak perempat final yang terdiri atas 4 perlombaan.

Ø        Hari kedua :
      1. Babak semi final yang terdiri atas 2 perlombaan,
      2. Babak perebutan juara 3 atas 1 perlombaan, dan
      3. Babak grand final yang terdiri atas 1 perlombaan.

8.   Pemenang akan diambil sebanyak 3 besar, dan diambil juara Best Speaker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar